SPORT

Taufik Ingin Lin Dan Diinvestigasi BWF

Pebulutangkis Malaysia Lee Chong Wei juga mengajukan hal yang sama.
Sabtu, 22 Januari 2011
Oleh : Zika Zakiya
Taufik Hidayat

VIVAnews - Pebulutangkis Indonesia Taufik Hidayat meminta agar Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) mengadakan investigasi pada pebulutangkis China, Lin Dan. Taufik sebagai lawan bebuyutan, menganggap ada sesuatu yang ganjil saat Lin Dan melakukan WO (Walk Over) di babak perempat final Malaysia Open, Jumat 21 Januari 2011.

Saat itu, Lin Dan harusnya melawan sesama rekan senegaranya, Chen Long. Namun, atas alasan cedera perut, Lin Dan mengundurkan diri. Ini membuat Chen Long berhak melaju ke babak semifinal untuk melawan wakil Malaysia, Lee Chong Wei.

"Saya tidak yakin seserius apa cedera yang dia (Lin Dan) alami. Tapi yang saya tahu hal yang sangat tidak sportif untuk melakukan WO," kata Taufik seperti dikutip dari The Star, Sabtu 22 Januari 2011.

"Sudah saatnya BWF bertindak atas masalah ini karena jadi hal yang kurang baik bagi olahraga," tambahnya.

Lin Dan (Foto: Lin Dan)

Keraguan serupa juga dialami oleh Lee Chong Wei yang secara peluang harusnya dihadapi oleh Lin Dan. Bahkan pebulutangkis unggulan pertama ini merasa kalau mundurnya Lin Dan merupakan 'mandat' dari China untuk menghindari laga antar sesama rekan senegara.

"Penggemar badminton sudah menanti semifinal antara saya dan Lin Dan, tapi hal itu tidak terjadi. Saya yakin para fans kecewa tapi saya tidak bisa melakukan apa-apa," ujar Chong Wei.

"Tapi kemudian, apa juga yang bisa dilakukan badan dunia kalau si pemain memang tidak mau bermain?" kata Ching Wei lagi.

TERKAIT
TERPOPULER