SPORT

Garuda Jadi Logo SEA Games 2011

Tiga warna yang mendominasi logo SEA Games 2011 masing-masing punya makna tersendiri.
Minggu, 16 Januari 2011
Oleh : Marco Tampubolon
Logo SEA Games 2011

VIVAnews - Logo SEA Games 2011 secara resmi diluncurkan pada acara 300 Hari Jelang SEA Games XXVI, Sabtu, 15 Januri 2011. Acara ini digelar di Theater Indonesia Airuku, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.
 
Indonesia untuk kali keempat terpilih sebagai tuan rumah ajang olahraga SEA Games. Multieven dua tahunan itu akan digelar di dua tempat, yakni Palembang dan Jakarta pada November 2011 nanti.

Panitia pelaksana telah memilih gambar burung garuda sebagai logo SEA Games 2011. Tiga warna yang mendominasi pada gambar tersebut, yakni biru, hijau, dan merah masing-masing punya makna tersendiri.

Biru menggambarkan lautan nusantara yang menyatukan segala perbedaan. Hijau menandai banyaknya gugusan pulau, hutan, dan gunung yang menyelaraskan. Sedangkan merah merupakan simbol bagi semangat membara untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

"Kenapa memilih gambar garuda? Ya, karena garuda merupakan lambang negara kita," kata Ketua Panitia SEA Games 2011, Rachmat Gobel kepada wartawan, usai acara peluncuran, Sabtu, 15 Januari 2011.

Mengenai maskot SEA Games 2011, Rachmat mengaku pihaknya sudah menentukan pilihan. Sayang Direktur PT Panasonic Gobel Indonesia itu belum bersedia memberitahukannya kepada wartawan.

"Sudah ada, tapi belum kita umumkan sekarang. Nanti saja ada acara lagi mengenai maskot," kata Rahmat.

Acara peluncuran sendiri dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, (Menpora) Andi Mallarangeng dan Ketua Umum KONI, Rita Subowo. Hadir juga Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Alex Nurdin.

Peluncuran logo SEA Games 2011 juga diisi dengan aksi sederet artis papan atas, seperti Afgan, Project Pop, dan Marcell Siahaan. Selain itu, penonton juga dihibur aksi dancer dan pesulap Dedy Corbuzier.

Sementara itu, SEA Games 2011 akan mempertandingkan 44 cabang olahraga. Cabang-cabang olagraga ini dibagi dalam jumlah yang sama pada kedua daerah. Masing-masing Jakarta 22 cabor dan Palembang 22 cabor.

TERKAIT
TERPOPULER