Ornamen Penghias Taman

VIVAnews – Bunga dan tanaman hias memang membuat taman terlihat indah. Tapi bila hanya berhias bunga dan tanaman hias saja, taman terlihat kurang hidup. Agar taman terlihat artistik, tambahkan berbagai ornamen.

Pilihan ornamen yang tepat akan membuat taman lebih berkarakter. Tapi ornamen harus disesuaikan dengan tema dan luasan taman. Anda harus cermat menata ornamen-ornamen tersebut agar tak terlihat tumpang-tindih. Ornamen yang  terlalu berlebihan justru akan membuat taman tak terlihat indah.

Erik ten Hag 'Kabur' dari Konferensi Pers Gegara Pertanyaan Ini

Apa saja ornamen taman yang bisa Anda pilih?

Pot
Tanaman yang indah akan terlihat semakin cantik dengan pot yang serasi. Pilihan pot sangat beragam, mulai yang berbahan gerabah, berlapis batu kali, dan sebagainya. Bisa juga meletakkan pot kosong sebagai aksen saja.

Susunlah beberapa pot dengan komposisi yang seimbang. Padukan pot berbagai ukuran. Serasikan dengan luasan taman. Jika taman tergolong mungil, jangan meletakkan pot yang terlalu besar.

Patung

Iran Lancarkan Serangan Balasan, Israel Langsung Ngadu ke Amerika dan PBB

Ornamen ini banyak pilihannya. Misalnya patung hewan seperti kodok, kura-kura, bangau, dan sebagainya. Untuk taman bergaya klasik, bisanya diletakkan patung dewa-dewi atau malaikat. Jika ingin menempatkan patung di taman, perhatikan ukurannya. Patung besar bisa diletakkan di tengan atau di sudut taman. Patung-patung kecil bisa diletakkan di antara tanaman atau di tepi jalan setapak.

Aksen batu alam
Kehadiran batu alam di taman akan semakin menekankan suasana alami yang terbangun. Pilihannya sangat beragam, antara lain batu kali, batu paras, batu candi, dan juga batu koral. Anda bisa memasang batu alam di dinding taman atau sebagai taburan menutupi tanah. Untuk batu taburan biasanya digunakan batu koral

Pencahayaan

Pencahayaan sangat penting untuk membuat suasana taman terlihat lebih romantis di malam hari. Pasanglah beberapa lampu sorot dengan cahaya kuning redup yang indah. Tempatkan lampu di bagian bawah atau belakang patung atau pohon untuk menciptakan siluet yang dramatis.

Tanaman rambat

Ingin menghias dinding taman dengan gaya lebih alami dan unik?  Gunakan tanaman rambat. Anda bisa merambatkan tanaman ivy atau anggur. Buatlah pergola dari kayu atau besi tempa untuk merambatkan taman dengan rapi. Anda harus rajin memotong dahan dan daun yang mulai acak-acakan supaya pergola tanaman rambat Anda tetap indah.

Raffi Ahmad

Ramai Isu Adopsi, Ternyata Raffi Ahmad yang Kasih Nama Bayi Lily

Keluarga Raffi Ahmad dan Nagita Slavina saat ini tengah ramai dibahas lantaran diduga telah mengadopsi seorang bayi perempuan yang diberi nama Lily. Benarkah?

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024